banner available

Meraup Rupiah dari Menulis di Blog

Ilustrasi dari Internet

Ada berbagai cara seseorang untuk menghasilkan pendapatan setiap bulannya. Salah satunya melalui job review. Umumnya penggiat pekerjaan yang satu ini adalah para blogger aktif. Dalam sebulan, mereka bisa meraup pendapatan bervariatif. Bila diseriusi bisa melebihi pendapatan para pekerja kantoran.

Mungkin pekerjaan yang satu ini terdengar asing bagi Anda, tetapi boleh jadi sudah menjadi “sarapan” hari-hari bagi kebanyakan orang. Cara kerjanya adalah membuat ulasan mengenai satu topik yang diinginkan oleh si pengguna jasa. Biasanya berupa produk, jasa, ataupun pembahasan lain yang diinginkan. Setelah ulasan dibuat, sebagai imbalannya akan dibayar oleh pengguna jasa. Umumnya berupa uang, tetapi ada pula berupa barang, bahkan keduanya. Pengguna jasa berasal dari berbagai perusahaan.

Di Pontianak ini, ada beberapa blogger yang sudah sering menikmati hasil dari review yang mereka buat. Seperti Rohani Syawaliah, seorang ibu rumah tangga, yang juga sedang menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi. Ada Dwi Wahyudi pendiri komunitas Blogger Borneo yang kerap berbagi ilmu untuk para pemula. Keduanya ini sudah sering mendapatkan job review dari berbagai perusahaan.

Rohani (29 th) sudah menjalankannya sejak lima tahun lalu. Sementara ini lanjut dia, job review merupakan pekerjaan utamanya. Paling tidak dalam satu bulan bisa mendapatkan empat hingga lima juta rupiah.

“Dalam sebulan biasanya 20 sampai 30 postingan berbayar dari berbagai perusahaan. Paling sering uang, tetapi ada juga uang plus barang. Per tulisan minimal bisa 200 ribuan bergantung negosiasi kita dengan perusahaan tersebut. Biasanya saya menulis tentang personal life, kuliner, traveling, ibu hamil dan make up,” timpalnya.

Tentu saja untuk menghasilkan pendapatan sebesar itu setiap bulannya, seseorang harus aktif dan memberikan kualitas tulisan yang memuaskan. Berbagai cara dilakukan agar tawaran berdatangan, terutama menaikkan ranking website. “Seperti alexa rank, page rank, domain authority dan jumlah pengunjung dan jumlah tulisan di website,” ujarnya.

Tak perlu khawatir, istilah tersebut memang sudah biasa bagi para blogger. Agar bisa mendapatkan peluang yang sama, bergabunglah dengan para blogger yang sudah berpengalaman termasuk komunitas blogger.  “Website atau blognya harus berbayar. Kalau domain gratisan susah mendapatkan job,” jelas dia.

Tulisan yang diminta cenderung beragam. Bergantung kata kunci yang paling banyak di blog ataupun website Anda.  Dia juga memanfaatkan sosial media untuk  berbagi website-nya supaya lebih banyak pengunjung. Bisa melalui twitter, facebook, instagram dan lainnya. Sekarang ini Anda juga dipermudah dengan kemunculan smartphone. Dimana saja Anda bisa mengecek apakah ada tawaran yang masuk atau tidak. 

Hani juga biasa menjadikan anaknya yang masih balita sebagai model untuk penulisan parenting. “Ini juga sebagai strategi untuk mendapatkan job dari perusahaan produk bayi,” pungkas dia yang menyarankan jika mau menghasilkan rupiah, maka harus lebih fokus dan konsisten menulis. 
Oleh : Marsita Riandini
Share on Google Plus

About MOMO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment